Kamis, 19 Mei 2011

Bintang Tamu



Apa definisi tamu?
tamu ialah segala sesuatu yang mendekat kepada diri kita.

Wasiat Ki ageng Sela
" Hormatilah dan jamu para tamu sebab hakikatnya tamu itu yang mendatangkan adalah Tuhan"

persepsi kita tentang tamu terkadang hanyalah sebatas (orang yang bertandang kerumah kita )
coba kita kaji lebih dalam cerminkan dengan definisi tamu ( segala sesuatu yang mendekat pada diri kita )
misal tamunya telinga adalah segala yang terdengar,tamunya mata adalah segala yang terlihat,tamunya hidung adalah segala yang tercium,tamunya lidah adalah segala yang terasa dan tamunya kulit adalah segala yang teraba.

kita lebih sering memandang wajah tamu kita dan melupakan wajah yang mendatangkannya,bukankah semua tamu yang mendatangkan adalah Tuhan?

Ada dua macam tamu
yang pertama tamu yang diundang dan yang kedua tamu yang tidak diundang,
tamu yang diundang adalah tamu yang memang kita harapkan kedatangannya,sedangkan tamu yang tidak diundang adalah tamu yang tidak kita harapkannya,apakah kedua tamu itu memang didatangkan oleh Tuhan ?

Tuhan itu punya dua Duta
Suka dan Duka ( Positif dan negatif )

Tubuh di ibaratkan sebagai rumah
jika kebahagiaan menjadi tamu kita,saya yakin semua orang sepakat bahwa itu datang dari Tuhan,namun jika kesedihan menjadi tamu kita banyak orang yang menyangka bahwa itu bukan dari Tuhan.

Misal saja seekor tikus memasuki rumah kita dan mencuri makanan atau sisa makanan didalam rumah ,otomatis kita akan berusaha menangkap bahkan dengan penuh kebencian membunuh tikus itu,apakah tikus itu salah? tikus masuk kerumah kita karena keteledoran kita,mungkin sampah-sampah yang menumpuk atau ada lubang-lubang untuk masuknya tikus,kalau kita tidak ingin kemasukan tikus sebaiknya semua sampah dirumah kita buang,semua lubang yang jadi jalan tikus kita tutup dan kalau pun ada tikus yang terlanjur masuk jangan sampai kita menjamu tikus itu dengan sisa-sisa makanan,selekasnyalah sisa-sisa makanan itu kita buang agar tikus keluar mengejar sisa makanan tersebut,jika dibiarkan maka tikus akan bersarang dirumah dan justru akan mengundang tamu yang tidak diundang yang lain ikut masuk pula yaitu ular,sebab ular memangsa tikus.

Misal lagi ilmu Santet/Teluh/Tenung,ilmu yang mengandalkan bantuan Jin dan setan untuk mencelakai seseorang,
jika didalam rumah kita tidak ada makanan yang bisa dimakan oleh Jin dan setan maka tidak akan lama Jin dan Setan itu pergi,makanannya Jin dan setan itu ( Syirik,Hasud,Ujub,Riya,Tamak,Takabur dan segala sifat yang negatif didalam diri kita ) jadi jika sifat-sifat itu bersemayam di rumah kita maka Jin dan setan akan betah berkunjung kerumah kita bahkan  malah ikut menjadi penghuni rumah kita.

Mari kita bersihkan rumah kita dari sisa-sisa makanan dan segala kekotoran agar Tuhan mengutus Duta Kebahagiaan kedalam rumah kita, bukan Duta yang membawa petaka,bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman?

Wassalam,
Semoga bermanfaat.

( Sumenep - 10 - 03 - 2011 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar